Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya LCGC 7 Penumpang

Kehadiran Toyota Calya dan Daihatsu Sigra turut meramaikan dunia Otomotif di Indonedia.Mobil murah 7 penumpang adalah mobil yang bida di bilang dangat fenomenal, dengan hadirnya mobil LCGC 7 penumpang dari Toyota ini menjadi pesaing berat Datsun GO+ Panca yang sudah hadir terlebih dahulu sebagai mobil LCGC 7 penumpang pertama di Indonesia, bahkan saat ini penjualan Datsun GO+ Panca merosot tajam sejak adanya mobil murah 7 penumpang dari Toyota. Sebetulnya apa sajakah yang menjadi kelebihan dan sekaligus kekurangan mobil LCGC 7 seater ini?. Automobilplus akan mengulas beberapa kelebihan sekaligus kekurangan Toyota Calya, di olah dari berbagai sumber.




Kelebihan Mobil LCGC 7 Penumpang Toyota Calya

1. Kabin Lega
Walaupun terlihat kecil dan pendek dan hanya terlihat panjang namun setelah masuk kedalam kabin terasa sangat lega, namun jangan dibandingkan dengan kakanya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia.... perbandinganya adalah dengan mobil yang sekelas yaitu Datsun GO+ Panca , Toyota Calya jauh lebih lega.

2. Fitur Melimpah
Dengan harga sekitar 150 jutaan, untuk type tertinggi Toyota Calya memiliki fitur fitur kenyamanan yang cukup lengkap. Fitur-fiturnya antara lain; power window pada keempat pintu yang bisa dikendalikan semuanya dari pintu pengemudi , electric mirror, head unit 4 speaker dengan USB, AUX dan Bluetooth connectivity, MID, Eco Mode, Fog Lamp dan wiper belakang.



3. Harga Murah Meriah
Dengan rentang harga  antara 130an juta hingga 149 juta Rupiah, anda bisa mendapatkan mobil dengan kapasitas 7 penumpang, sehingga seluruh anggota keluarga dan saudara bisa terangkut dengan mobil ini.



4. Air Circulator / Kipas Angin 
Walaupun Toyota tidak memberikan AC dengan double blower tapi menggantinya dengan air circulator agar baris kedua dan ketiga tetap mendapatkan udara segar. Menururt informasi dari berbagai sumber Toyota tidak memberikan AC double blower dikarenakan takut mengurangi performa mesinnya yang terbatas karena 1.200 cc.

5. Mobil yang Praktis
Toyota Calya bisa dibilang mobil yang sangat praktis , seperti one touch tumble, kursi tengah dengan bisa di geser, kursi belakang juga bisa dilipat dengan mudah dan sabuk pengaman tengah yang bisa ditarik dengan mudah dari atas.




6. Fitur Keamanan yang Bagus
Toyota Calya termasuk dalam kategori mobil murah, akan tapi fitur keselamatannya tidak murahan, di lengkapi dengan dua buah airbags, rem ABS, rem depan cakram, kursi Isofix, side impact beam, immobilizer dan 7 buah seatbelt.



7. Bagasi yang Sangat Lega
Jika melihat Datsun GO+ Panca bisa dibilang bagasinya sangat sempit sekali, tapi untuk bagasi Toyota Calya sebaliknya, bagasi  cukup lega, bisa menampung 3 buah galon dan 1 tas kecil sekaligus. Ditanbah jika kursi dilipat, ia bisa menjadi sangat lega.

Ada kelebihan pasti ada juga kekurangannya,nah apa kekuranga dari Toyota  Calya?
Berikut ini adalah ulasan dari kekurangan Toyota Calya

1. Harus Menggunakan BBM RON 92 atau lebih
Mesin mobil LCGC harus mengikuti standar yang ditetapkan oleh pemerintah,mobil LCGC harus dirancang untuk menggunakan BBM dengan nilai oktan diatas RON 92.

2. Kursi Pengemudi kurang nyaman
Kursi pengemudi Toyota Calya bisa dibilang kurang nyaman, head restnya menyambung dan terlalu rendah,osisi duduk tidak dapat dinaikan dan juga posisi stir dan sabuk pengamannya. Sehingga jika digunakan untuk perjalanan jauh posisi mengemudi seperti ini bisa membuat anda cepat lelah.

3. Interior
Mobil murah identik dengan interior dengan desain dan material yamahang tidak bagus. Tentu saja hal ini juga berlaku untuk mobil ini. Dipenuhi dengan bahan plastik murah dan tipis, desain seadanya, door trim yang mudah tergores serta beberapa komponen yang goyang ketika ditekan.

4. Mesin CC Kecil
Toyota Calya menggunakan mesin 1.200 cc 4 silinder dengan tenaga 88 PS di rpm 6.000 dan torsi 109 NM di rpm 4.800. Diatas kertas mobil ini cukup untuk sebuah 5 seater yang memiliki bobot 800 kilogram seperti Brio Agya. Namun mengingat mobil ini bobot yang lebih berat, kapasitas penumpang lebih banyak dan tentu saja tidak lebih aerodinamis dibanding Agya. Mesin 1.200 cc ini menjadi PR besar untuk anda yang hendak membawa mobil ini untuk keluar kota.

5. Ban Terlalu Kecil
Ukuran ban dari Toyota Calya adalah 195/65 dengan ring velg 14 inci. Jika dilihat dari ukuran velg mungkin tidak terlalu jadi masalah, akan tetapi dengan menggunakan lingkar ban terlampau kecil membuatnya terlihat cungkring, tidak proporsional dan memiliki grip yang tidak baik.

6. Bodi Sangat Tipis
Dengan bodi tipis adalah cara yang paling gampang untuk membuat mobil ringan dan murah, hal ini terbukti pada LCGC sekelasnya yang menggunakan plat bodi tipis.

7. Tidak di lengkapi Corner Sensor
Apa itu Corner Sensor ? Fungsi dari Corner Sensor adalah untuk membantu anda yang masih belajar atau belum terbiasa membawa mobil,ketika mengemudi masuk ke gang gang kecil atau parkir, namun sayangnya di Toyota Calya fitur ini tidak diberikan.

Diatas adalah kelebihan dan kekuranga dari Toyota Calya, semoga informasi ini dapat membantu anda yang sedang membutuhkan informasisebagai bahan pertimbangan untuk membeli mobil.
.
.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Toyota Calya LCGC 7 Penumpang"

Back To Top