Mengenal Cara Kerja EFI (Electronic Fuel Injection)

EFI (Electronic Fuel Injection)  di sebut juga sebagai sistem penyemprotan bahan bakar yang dalam kerjanya dikontrol secara elektronik agar didapatkan nilai campuran udara dan bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan motor bakar, dengan bahan bakar dan udara yang sesuai maka proses pembakaran yang terjadi diruang bakar menjadi sempurna sehingga didapatkan daya motor yang optimal serta didapatkan gas buang yang ramah lingkungan. Proses pemberian bahan bakar dari ECU (Electronic Control Unit) ke injector yang didasarkan pada signal-signal dari sensor-sensor antara lain sensor air flow meter, manifold absolute pressure, sensor putaran mesin, water temperature sensor, throttle position sensor dan lain - lain
Sumber Gambar: www.slideshare.net

Prinsip kerja EPI ( Electronic Petrol Injection ) sama dengan prinsip kerja EFI, namun jika ditinjau dari segi nama, EPI lebih tepatnya adalah suatu sistem penyemprotan bensin yang dalam  kerjanya dikontrol secara elektronik agar didapatkan nilai campuran bensin dan udara sesuai kebutuhan motor bakar sehingga proses pembakaran di dalam ruang bakar menjadi lebih sempurna dan daya motor yang di hasilkan lebih optimal serta didapatkan gas buang yang ramah lingkungan. Sehingga antara EPI dan EFI itu berbeda. Karena kata “ petrol ” pada EPI sendiri sudah berarti bensin sedangkan “ fuel ”  pada EFI bermakna  bahan bakar yang belum tentu adalah bensin, bisa saja solar, resim atau jenis lainnya.

Sistem pengontrolan penginjeksian bahan bakar dewasa ini berkembang dengan pesatnya teutama pada mesin bensin, walaupun harus kita ingat bahwa tidak hanya kendaraan dengan bahan bakar bensin yang menggunakan system control injeksi , tapi system control injeksi sebenarnya sudah ada pada mesin diesel hanya berbeda pada sistem pengontrol penginjeksiannya yaitu secara mekanik atau secara electronic. Walaupun dewasa ini injetion sistem pada diesel juga mengguakan pengontrol electronic.
.
.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk "Mengenal Cara Kerja EFI (Electronic Fuel Injection)"

Back To Top