Fungsi Intake Air Temperature Sensor ( IAT ) Pada Suzuki Carry Injection

Suzuki Carry Injection menggunakan beberapa macam sensor, salah satunya adalah Intake Air Temperature Sensor, sensor ini menggunakan elemen NTC ( negative temperature coefficient ) Fungsinya adalah untuk mengukur suhu atau temperatur udara yang akan masuk ke mesin. Elemen NTC adalah sebuah thermistor resistor dari bahan solid – state variable resistor terbuat dari semiconductor yang nilai tahanannya akan berkurang bila temperaturnya naik.





https://www.ebay.co.uk/itm/Suzuki-Genuine-Inlet-Air-Temperature-Sensor-For-Carry-Van-GA413

Pada mobil Suzuki Carry Futura Injeksi sensor temperatur udara masuk ini biasanya terpasang pada air cleaner atau hose antara air cleaner dengan throttle body. Biasanya Ada dua kabel pada IAT yang keduanya dari ECM. 

ECM akan menyuplai tegangan listrik sebesar 5 volt DC dan memberi ground untuk sensor. Karena nilai tahanan pada sensor bervariasi akibat perubahan temperatur maka tegangan yang mengalir dari ECM juga akan bervariasi. Variasi tegangan inilah yang di jadikan dasar bagi ECM untuk menentukan temperatur udara masuk yang tepat sebagai input bagi ECM untuk menentukan koreksi jumlah bensin yang di semprotkan oleh injector termasuk juga menentukan waktu pengapian dan penyesuaian perlambatan waktu pengapian pada knocking control.\


Saat sensor temperatur udara ini mendeteksi suhu udara yang masuk ke intake manifold rendah dalam keadaan  mesin masih dingin, maka IAT akan mengirim sinyal ke ECM untuk mengatur seberapa banyak bensin yang akan di semprotkan oleh injector. Sehingga campuran udara dan bensin pada ruang bakar menjadi kaya dan mesin mudah dihidupkan, Fungsi ini sama seperti sistem Chuk pada sistem bahan bakar konvensional yaitu untuk memperkaya campuran. Jadi bisa di katakan IAT ini menggantikan kerja katup chuk.

Gejala yang terjadi jika Intake Air Temperature rusak adalah susah di start atau idle kasar atau tidak rata saat kondisi mesin dingin, yang pada penggunaan lebih lanjut berdampak pada keekonomisan bahan bakar.


.
.

Share :

Facebook Twitter Google+
0 Komentar untuk " Fungsi Intake Air Temperature Sensor ( IAT ) Pada Suzuki Carry Injection "

Back To Top